Rabu, 04 Oktober 2017

TUGAS II ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR UT



KASUS YANG TERJADI DI KABUPATEN GARUT  JAWA BARAT YAITU ANAK MENGGUGAT IBUNYA KE PENGADILAN

1.      Menurut saya kasus yang terjadi di Kabupaten Garut  Jawa Barat yaitu anak menggugat ibunya ke pengadilan merupakan hal yang bertentangan dengan moral. Moral adalah sikap baik yang ditunjukkan oleh seseorang baik melalui perkataan dan perbuatan. Menggugat seorang Ibu yang telah melahirkan kita adalah sesuatu yang tidak baik. Seharusnya jika terjadi masalah dalam keluarga harus diselesaikan dengan kekeluargaan.
2.      Argumentasi tentang kasus anak menggugat ibunya ditinjau dalam prespektif Nicholas Rescher
Prespektif Nicholas Rescher berkaitan tentang nilai. Nilai tidak hanya membahas tentang kebenaran dan kesalahan (benar dan salah) akan tetapi masalah nilai adalah soal baik dan buruk atau senang dan tidak senang.
Nicholas Rescher  menyatakan adanya 6 klasifikasi nilai, yaitu:
1.      Pengakuan, yaitu pengakuan subjek tentang nilai yang harus dimiliki seseorang atau suatu kelompok, misalnya nilai profesi, nilai kesukuan atau nilai kebangsaan.
2.      Objek yang dipermasalahkan, yaitu cara mengevaluasi suatu objek dengan perpedoman pada sifat tertentu objek yang dinilai, seperti manusia dinilai dari kecerdasannya, bangsa dinilai dari keadilan hukumnya.
3.      Keuntungan yang diperoleh, yaitu menurut keinginan, kebutuhan, kepentingan atau minat seseorang yang diwujudkan dalam kenyataan, contohnya kategori nilai ekonomi, maka keuntungan yang diperoleh berupa produksi; kategori nilai moral, maka maka keuntungan yang diperoleh berupa kejujuran.
4.      Tujuan yang akan dicapai, yaitu berdasarkan tipe tujuan tertentu sebagai reaksi keadaan yang dinilai. Contoh:  nilai akreditasi pendidikan.
5.      Hubungan antara pengemban nilai dengan keuntungan:
a.       Nilai dengan orientasi pada diri sendiri (egosentris) yaitu dapat memperoleh keberhasilan dan ketentraman.
b.      Nilai dengan orientasi pada orang lain, yaitu orientasi kelompok:
1. Nilai yang  berorientasi pada keluarga hasilnya kebanggaan  keluarga
a.       Nilai yang berorientasi pada profesi hasilnya nama baik profesi
b.       Nilai yang berorientasi pada  bangsa hasilnya nilai patriotisme
c.       Nilai yang berorientasi pada masyarakat hasilnya keadilan sosial
2. Nilai yang berorientasi pada kemanusiaan, yaitu nilai universal
6.      Hubungan yang dihasilkan nilai itu sendiri dengan hal lain yang lebih baik, di mana nilai tertentu secara hierarkis lebih kecil dari nilai lainnya.
Berdasarkan pada point 5a dijelaskan bahwa nilai dapat memperoleh ketentraman. Dan berdasarkan point 5b.1 bahwa nilai berorientasi pada keluarga. Dengan demikian, kasus menggugat Ibu bukanlah masuk kategori nilai, tetapi melanggar nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar