Senin, 02 Oktober 2017

TUGAS AGAMA II UT



1)Jelaskan pengertian akhlak mulia dan akhlak tercela!
- Akhlak adalah kriteria-kriteria perbuatan manusia baik yang bersifat batin maupun yang bersifat lahir.
- akhlak mulia  adalah jiwa seseorang yang selalu mewarnai setiap tindakan dan perbuatannya, tanpa pertimbangan lama ataupun keinginan. Dalam beberapa kasus hal ini menjadi bagian dari watak dan karakter seseorang.
- akhlak tercela adalah sikap serta perbuatan yang dilakukan jauh dari apa yang dilarang agama.
2)Sebutkan dan jelaskan sendi-sendi akhlak mulia dan akhlak tercela menurut Imam al-Ghazali!
Keempat sendi akhlak batin yang mulia itu adalah :
a. Kekuatan ilmu yang berwujud hikmah, yaitu kebijaksanaan yang artinya adalah keadaan jiwa yang bisa menentukan antara hal-hal yang benar dan hal-hal yang salah.

b. Kekuatan amarah yang wujudnya adalah berani, keadaan kekuatan amarah yang tunduk kepada akal pada waktu dinyatakan atau dikekang.

c. kekuatan nafsu syahwat (keinginan) yang wujudnya adalah iffah, yaitu keadaan syahwat yang terdidik oleh akal.

d. Kekuatan keseimbangan di antara yang tiga di atas. Wujudnya adalah adil, yakni kekuatan jiwa yang menuntun amarah dan keinginan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh hikmah (kebaikan dan kebijaksanaan).

Sementara empat sendi-sendi atau dasar-dasar akhlak batin yang tercela adalah :
1. Keji, pintar busuk, bodoh, yaitu keadaan jiwa yang terlalu pintar atau tidak menentukan yang benar diantara yang salah karena bodohnya.

2. Berani tapi sembrono, penakut, dan lemah, yaitu kekuatan amarah yang tidak bisa di kekang atau tidak pernah dilakukan, sekalipun sesuai dengan kehendak akal.

3. Rakus dan statis, yaitu keadaan syahwat5 yang tidak terdidik oleh akal dan syariat agama, berarti ia bisa berlebihan atau sama sekali tidak berfungsi.

4. Aniaya, yaitu kekuatan syahwat dan amarah yang tidak terbimbing oleh hikmah.
3)Sebutkan sebagian akhlak terhadap Allah! Jelaskan dan tulis sebagian ayat al-Qur’an yang berkaitan dengannya!
a. Iman kepada Allah
قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ فَسَيَقُولُونَ اللَّهُ فَقُلْ أَفَلَا تَتَّقُونَ (31) "Katakanlah, "Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah". Maka katakanlah "Mangapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya)?." (QS. Yunus: 31).
4)Mengapa kita harus berakhlak mulia kepada orang tua? Tulis ayat al-Qur’an yang berkaitan dengannya!
Islam menekankan pentingnya seorangmuslim menjaga akhlak kepada orang tua, bahkan akhlak kepada orang tua telah terpatri dalam sebuah ayat Allah Swt yang memerintahkan umatnya untuk berbakti kepada orang tua, dengan perintah taat kepada-Nya, yaitu sebagai berikut :

                    وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِإِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَافَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًاكَرِيمًا

Artinya : “dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur  lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan “ah” dan janganlah kami membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS.Al-Isra” 23)
5)Jelaskan pengertian tasamuh, taawun, dan musawah diserta ayat al-Qur’an!
Tasamuh : saling memaafkan (toleransi)
taawun : saling tolong menoling
وتعاونوا على البر والتقوى
"saling tolong menolonglah kamu dalam ketakwaan"
musawah : persamaan
قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لا يعلمون
"katakanlah!, apakah serupa antara orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu"

6)Bagaimana perwujudan akhlak terhadap alam?
Dengan merawat dan mencintai alam , serta jangan menghina dan merusak alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar