Senin, 02 Oktober 2017

TUGAS I AGAMA UT

 Coba Anda jelaskanfenomena aktualisasi nilai-nilai demokrasi dan HAM dilihat dari konsep demokrasi dan HAM menurut ajaran Islam

Demokrasi dan HAM mempunyai ciri-ciri penting yaitu menjunjung tinggi kebebasan. Di sebuah negara yang menganut prinsip demokrasi, kebebasan dijamin oleh negara asalkan tidak bertentangan dengan undang-undang. Salah satu penerapan kebebasan di era demokrasi ialah kemerdekaan berpendapat melalui media massa.

Di dalam ajaran Islam, seseorang dituntut untuk memiliki etika dalam berpendapat, misalnya berkata benar, tidak memfitnah, atau tidak melakukan ghibah (gosip yang belum terbukti kebenarannya). Media, baik media massa maupun media sosial berfungsi sebagai medium manusia untuk berpendapat memberikan pendapat. Tentunya harus ada etika dalam menggunakan media massa. Dalam Islam diajarkan bahwa manusia dilarang untuk berghibah, bergunjing membicarakan/mengekspose aib atau kekurangan seseorang. Karena hal itu dapat dianalogikan dengan memakan bangkai saudaranya sendiri. Oleh karena itu, pemanfaatan media harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, mengambil sisi positif untuk menyebarkan kebenaran, gagasan yang baik. Sebaliknya, jangan sampai media massa justru digunakan untuk hal negatif seperti bergunjing, berghibah, atau mengekspose aib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar