Senin, 02 Oktober 2017

DISKUSI 4 BHS. INDONESIA UT

1. Coba sebutkan 2 kalimat yang tidak efektif yang diambil dari majalah, surat kabar, atau tulisan yang lain. Kemudian Anda  jelaskan mengapa tidak efektif dan betulkan menjadi kalimat yang efektif.
- Semua kendaraan mundur ke belakang karena ada mobil pejabat melintas.
Kalimat di atas tidaklah efektif karena menggunakan beberapa kata yang seharusnya tidak perlu digunakan. Kalimat tersebut tidak perlu memakai kata ke belakang karena sudah memakai kata mundur.
Semua kendaraan mundur karena ada mobil pejabat melintas.
- Untuk menanggulangi wabah asap ini harus memadamkan titik api yang ada di hutan.
Kalimat tersebut tidak efektif karena tidak adanya kesatuan gagasan dengan struktur kalimatnya. Subjeknya tidaklah jelas. Seharusnya kalimat tersebut ditulis:
Kita harus memadamkan titik api yang ada di hutan untuk menanggulangi wabah asap ini

2. Buatlah satu contoh paragraf induktif yang memenuhi persyaratan adanya kesatuan, kepaduan dan kelengkapan!
Dalam hidup ini kita haruslah membiasakan gaya hidup sehat. Untuk memulai gaya hidup sehat, mulailah dari sikap cermat dalam berbagai hal. Seperti, cermat dalam memilih suatu produk makanan untuk dikonsumsi. Sebagai konsumen dari produk tersebut, maka kita haruslah teliti komposisi dan tanggal kadaluarsa agar mengetahui kandungan tanggal kadaluarsa produk tersebut. Hal tersebut sangatlah berguna dalam menjaga kesehatan, karena kita semua tahu bahwa kesehatan sangatlah penting dan mahal dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar